by @Mouses_Ringo | [Close]
Posted by : Nebber Crackker (Mouses) Jumat, 27 Juli 2012


                Berdasarkan pada kejadian yang terjadi di akhir tahun 1920-an, negara-negara industri seperti Amerika Serikat dan Inggris mengalami kemunduran ekonomi akibat dari kekurangan permintaan dalam masyarakat. Hal ini mendorong ahli ekonomi dari Inggris yaitu Jhon Maynard Keynes, untuk mengevaluasi atau meninjau kembali pemikiran-pemikiran ahli ekonomi klasik seperti Adam Smith. Pada tahun 1936, Keynes menerbitkan buku yang berjudul "The General Theory Of Employment Interest and Money ".
                Buku ini mengemukakan pendapat-pendapat Keynes sebagai perbaikan dari teori ekonomi klasik dan telah menjadi dasar teori ekonomi makro sampai dengan saat ini. Aspek yang diperbaiki dari teori ekonomi klasik (yang merupakan pemikiran-pemikiran dasar dari teori ekonomo mikro) adalah "ahli ekonomi klasik berkeyakinan bahwa perekonomian cenderung untuk mencapai tingkat kesempatan kerja penuh (full employment) sehingga tidak terjadi pengangguran.
                Perbaikan baru teori ekonomi klasik ini (yang merupakan pemikiran dari Keynes) adalah bahwa kondisi full employment tidak selalu dapat tercapai dalam suatu perekonomian. Dalam masyarakat, akan selalu terjadi kecenderungan untuk selalu berkonsumsi (pengeluaran agregat)lebih rendah dari kemampuan perekonomian untuk memproduksi barang dan jasa. Akibatnya perusahaan menggunakan faktor-faktor produksi yang dimilikinya pada kapasitas maksimum. Sehingga tidak semua tenaga kerja dapat digunakan untuk proses produksi yang pada akhirnya kondisi ini akan menyebabkan terjadinya pengangguran.
NB : Makro = sifat, ruang lingkup sempit.
       contoh  =Sistem ekonomi, pasar
        Mikro   = Ruang lingkup luas.
       Contoh =Pendapatan Nasional, Investasi, Invlasi, Tabungan, uang, Perdagangan.
Pembagian Ilmu Ekonomi
1) Ekonomi Deskriptif
                Ekonomi deskriptif melukiskan keadaan ekonomi dalam bentk angka-angka, yaitu dengan mencatat atau mendaftarkan peristiwa-peristiwa ekonomi sehingga keadaan ekonomi itu tertulis dalam bentuk angka-angka.
2)Ekonomi teori dan Perbedaan Antara Ekonomi Makro-Mikro
                Ekonomi teori merupakan kuoulan teori di bidang ekonomi yang dapat digunakan sebagai alat untuk melaksanakan kebijakan ekonomi untuk kepentingan masyarakat. Ekonomi teori merupakan kerangka konsep pemikiran yang berasal dari data-data konkret yang disusun dan diolah serta dianalisis. Dengan demikian terbentuk teori yang menerangkan hubungan antara peristiwa-peristiwa ekonomi yang merumuskan hubungan-hubungan ini dalam hukum ekonomi. Ekonomi teori dapat dibagi menjadi mikroekonomi (teori ekonomi mikro) dan makroekonomi (teori ekonomi makro).
                Mikro ekonomi mepelajari cara sisten ekonomi dimulai dari sudut individu seperti perilaku dan selera konsumenatau dari sudut perusahaan seperti ongkos perusahaan, prediksi perusahaan, penawar dari perusahaan, atau permintaan dari perusahaan.
                Adapun makroekonoi mempelajari cara kerja sistem ekonomi dimulai dengan mempelajari sistem perekonomian secara keseluruhan. Kalau dala makroekonomidipersoalkan mengenai permintaan maka yang dimaksud adalah bukan permintaan perorangan atau perusahaan tetapi masyarakat secara keseluruhan.
3) Ekonomi Terapan
                Ekonomi terapan merupakan penggunaan teori ekonomi pada masalah-masalah ekonomi tertentu yang banyak terjadi dalam masyarakat. Dengan demikian ekonmi terapan kita manfaat teori ekonomi itu dalam kehidupan sehari-hari.
4) Ekonomi Normatif
                Ekonomi normatif mengandung pengertian kondisi perekonomian yang seharusnya tercapai dan terwujud dala masyarakat. Misalnya suatu ernyataan bahwa dgn letak Indonesia yang strategis, sangat luas dan subur dan kaya SDA. Seharusnya mampu mensejahterakan rakyatnya.
5) Ekonomi Pasif
                Ekonomi positif mengandung pengertian keadaan perekonomian yang sudah terjadi, sedang, dan akan terjadi dalam masyarakat. Contohnya bila dan impor beras jiga ditingkatkan , maka akan mengakibatkan persediaan dan penawaran beras lebih banyak dari kebutuhan, harga beras menurun dan para petani padi akan mengalami kerugian.

Leave a Reply

Mohon Komentarnya...
Yang mau copas silahkan buat alamat web anda..
trims..

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Rajin Teladan Blog - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -